Arif S. Wicaksono

Simple Mgmnt, Technology & Minds

Ingat, Presentasi yang baik (adalah) bukan fokus kepada Anda

Menyambung posting saya mengenai presentasi sebelumnya, berikut saya kutip dari psychologytoday.com tips-tips menarik dari seorang profesor di Oberlin College:  Nancy Darling.

Sudah menjadi suatu kebiasaan umum jika kita berprofesi sebagai seorang konsultan, mentor, dosen, staf pengajar ataupun marketing staf, kita sering melakukan presentasi baik itu di depan client, murid, audiens maupun atasan/bos kita sendiri. Kadangkala terlepas dari seberapa sering kita melakukan presentasi perasaan yang paling sering kita hadapi adalah sesuatu yang berhubungan dengan keyword: “Nerve” (terkait rasa percaya diri) baik itu rasa percaya sendiri, gugup, kebingungan, kehilangan kata-kata atau timbul sekelumit takut yang datang mendadak dalam benak kita pada saat kita melakukan suatu presentasi. 

Berikut ini saran-saran ketika akan melakukan presentasi:

  1. Pilih satu Goal/Tujuan
  2. Buat suatu alur cerita untuk membantu grup mencapai goal/tujuan tersebut
  3. Buat serangkaian kegiatan atau metode presentasi yang memungkinkan anda untuk mengembangkan alur cerita. Jangan biarkan media Anda menentukan alur cerita!
  4. Ingat bahwa peran Anda adalah memfasilitasi kelompok mencapai tujuan bersama. Ini adalah tanggung jawab utama Anda!

Cara terbaik untuk melancarkan presentasi Anda adalah komunikasikan kegugupan Anda dan ketidaknyamanan kepada para penonton/audiens sehingga mereka menghabiskan begitu banyak waktu untuk merasa buruk bagi Anda, mereka tidak dapat memfokuskan diri pada apa yang Anda harus katakan. Setiap orang bijak akan merasa gugup ketika mereka hadir. Berikut ini adalah beberapa yang harus anda lakukan untuk menjaga rasa percaya diri anda:

  1. Mempunyai sesuatu untuk dibicarakan. Fokuskanlah pada apa yang anda kerjakan bukan pada apa yang anda rasakan
  2. Rencanakan dan Latihan. Selalu punya ide yang jelas ke mana  grup anda akan arahkan. Jika ada pertanyaan, antisipasi mereka, sehingga Anda dapat mengintegrasikan mereka dan menggunakan mereka untuk bergerak ke arah tujuan Anda. Berbicara keras sehingga mulut Anda tahu apa yang harus dilakukan ketika Anda terlalu gugup untuk berpikir jernih.
  3. Kendalikan psikologi anda.  Jantung yang berdetak kencang, pernapasan cepat, dan telapak tangan berkeringat akan membuat Anda merasa gugup bahkan jika Anda tahu persis apa yang akan Anda lakukan. Mengendalikan mereka. Tarik nafas perlahan dan dalam akan memperlambat jantung Anda dan membantu Anda untuk fokus.
  4. Fokus pada membuat orang lain nyaman. Pekerjaan Anda sebagai presenter adalah memfasilitasi pengalaman orang lain. Ingat, ini bukan tentang Anda. Fokus pada mengkomunikasikan ide-ide Anda dan membawa semua orang ke dalam ruangan bersama-sama untuk tujuan yang sama. Jika Anda berfokus pada membuat mereka merasa nyaman, Anda akan khawatir hanya sedikit tentang diri Anda.

Hindari sikap menjengkelkan. Mengibaskan/membelai rambut Anda, berkata ‘mm’ atau ‘seperti’, atau memegang telinga Anda sehingga fokus audiens akan terganggu karenanya.

Singkatnya, penampilan Anda harus berfungsi sebagai wallpaper – itu memberikan latar belakang yang bagus, tetapi seharusnya tidak terlihat. Anda ingin mereka untuk mengingat ide-ide Anda, bukan selera mode berpakaian Anda atau seberapa seksi Anda. Ide-ide Anda adalah penting. Anda tidak.

Dengan berfokus pada apa yang orang lain butuhkan dan bagaimana Anda dapat memenuhi kebutuhan tersebut, Anda berhenti berpikir tentang diri Anda dan kegugupan Anda dan mulai berpikir tentang mereka.

8 March 2010 - Posted by | Management Makes Easier | , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: