Arif S. Wicaksono

Simple Mgmnt, Technology & Minds

Tableau Public, Data Menjadi Lebih Indah di Lihat dan Lebih Mudah dibagi..

Bagi yang sudah familiar dengan Excel dan sering utak-atik menu, tentunya fitur “graph” atau grafik sudah tak asing lagi. Tapi bagaimanakah jika ada fasilitas lain sehingga grafik bisa tampilkan di website dengan mudah, bisa untuk Business Intelligence, lebih banyak fitur menarik, interaktif (bisa simulasi), punya fitur geolocation/geomapping dan tentunya lebih eye catching dan secara visual cantik dilihat? Menarik bukan?.
Berikut ini sedikit ulasan mengenai software Tableau seperti yang saya sebutkan diatas. Coba anda buka websitenya http://www.tableausoftware.com/public akan terdapat banyak sampel visualisasi hasil olahan dari software tersebut.

Untuk bisa mencobanya Anda download dulu disini. Ini adalah versi gratis. Sedangkan untuk fitur-fitur software yang lebih lengkap misalnya bisa olah source data yang bisa ditarik dari database lain yang lebih lengkap misalkan SQL server, MySQL dan lain-lain maka Anda harus meng-upgradenya.

Selain mengklaim sudah digunakan di banyak perusahaan, didalam websitenya diterangkan juga banyak fungsi maupun fitur-fitur aplikasinya antara lain adalah:

  1. Business Dashboard Software
  2. Business Intelligence Software
  3. Data Visualization Software 

Penggunaan software ini sangat mudah apalagi jika Anda sudah familiar dengan olah grafik di program spreadsheet atau Excel misalnya. Selain banyak sampel yang disediakan di Galery-nya Tableau Software juga menyediakan fitur penyimpanan di servernya, dan itulah cara satu-satunya agar bisa menyimpan file hasil olahan kita karena tampaknya di menu File| save tidak ada menu simpan di local drive. Tentunya anda diharuskan membuat account terlebih dahulu disana.

Tapi tak apalah, namanya juga jamanya “Cloud Era” sekarang ini segala sesuatu serba disimpan di “awan”. 

 

Tampilan depan softwarenya seperti diatas sedangkan untuk report designer-nya ada beberapa kolom detail dengan nama seperti “dimension” , “Set”, “Row” , “Column” dan lain-lain.  Jadi teringat seperti waktu baca pointers konsep BEx Query Designernya Business Warehouse / Business Intelligence-nya SAP di erpweaver.com, dimana istilah-istilah dan view tampilanya hampir mirip walaupun sebenarnya berbeda. Oh, ya software yang saya review pada saat posting ini dimuat adalah yang versi 5.1.

Penggunanya tinggal drag and drop field-fieldnya setelah sebelumnya anda connect ke databasenya/raw data terlebih dahulu. Pada tahap percobaan saya coba koneksikan data dari Excel. File yang saya olah berikut dibawah adalah file hasil Prosedur Testing terkait implementasi ISO 9001:2008 di salah satu client saya yang bergerak di Coal Mining di beberapa sitenya di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. Berhubung blog gratisan ini belum bisa memperbolehkan insert script link ke file flash maka saya cantumkan picture jpeg-nya saja. Untuk view result sebenarnya bisa anda klik gambar dashboard dibawah ini.

Silahkan mencoba.

22 April 2010 - Posted by | Plain Software Review | , ,

1 Comment »

  1. […] Map Interaktif Satu lagi bahasan saya masih seputar visualisasi data sesuai postingan saya sebelumnya, software visualisasi lain yang namanya StatPlanet ini juga diklaim sudah digunakan juga […]

    Pingback by Statplanet, Visualisasi Data dengan Map Interaktif « Arif S. Wicaksono | 7 May 2010 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: