Arif S. Wicaksono

Simple Mgmnt, Technology & Minds

LightRadio, perangkat pengganti BTS super kecil yang fenomenal

Tanggal 7 Februari 2011 kemarin Alcatel-Lucent, salah satu produsen peralatan telco terkemuka mengeluarkan press release tentang perangkat baru yang dinamakan LightRadio. Perangkat ini digadang-gadang akan memangkas biaya atas penggunaan, pemasangan maupun perawatan dari Base Transceiver Station cukup signifikan.

Dengan ukuran sebesar kubus yang mampu digenggam oleh satu telapak tangan, Lightradio membuat jaringan secara signifikan jauh lebih sederhana untuk pemasanganya dan juga memotong biaya sewa tempat sampai 60% dan biaya catu daya sampai 51%

Dengan berat kubus sekitar 300gr, menara baru, BTS maupun  menara antenna besar nantinya hampir dipastikan bakalan bisa menghilang.

Sepertinya bakalan tidak ada lagi kasus sengketa perobohan menara-menara BTS yang terjadi di beberapa daerah Indonesia seperti di Bali beberapa waktu yang lalu akibat alasan ijin bangun maupun estetika tata ruang daerah. Dari kacamata pelestarian lingkungan hidup ini juga berarti penghematan sumber daya energi yang cukup berarti.

Walaupun belum diumumkan kapan akan segera di-launching, namun dapat dipastikan dalam beberapa bulan kedepan sudah bisa diaplikasikan. Semoga.

Postingan ini tidak lebih dari apresiasi dan kekaguman Kami terhadap pesatnya teknologi ramah lingkungan apapun itu, termasuk yang terkait telco.  Let’s go green and Please do it by starting from ourselves.

9 February 2011 - Posted by | Plain Tech |

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: